'>

Rabu, 04 Mei 2016

Budidaya Ikan mas di Kolam Terpal bisa sukses

Pelihara Ikan Mas di kolam terpal

Ikan mas atau Ikan karper (Cyprinus carpio) adalah ikan air tawar yang bernilai ekonomis penting dan sudah tersebar luas di Indonesia. Budidaya ikan mas yang sangat berkembang adalah akibat dari banyaknya minat masyarakat terhadap ikan ini, selain itu budidaya ikan mas merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Jika anda hanya memiliki lahan terbatas dan tekstur tanah yang kurang memadai untuk membudidayakan ikan mas, maka saya akan mencoba memberikan tehnik budidaya ikan mas didalam kolam terpal.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kolam terpal
  •   Lokasi kolam sebaiknya dekat dengan sumber air serta bebas banjir.
  •   Bangun kolam di lahan yang landai dengan kemiringan 2 hingga 5 persen sehingga akan memudahkan pengairan kolam secara gravitasi.
  • Dinding kolam sebaiknya di tembok
    atau diberi pagar untuk mengurangi gangguan dari binatang pemangsa.
  • Jumlah air yang masuk cukup banyak agar komposisi oxigen dalam air cukup


Benih Ikan Mas
Tahap Persiapan Terpal
Sebenarnya persiapan terpal hampir sama dengan persiapan terpal pada artikel Budidaya Ikan Lele di kolam terpalSebelum di isi air, bersihkan terlebih dahulu terpal dengan sabun, untuk menghidari bahan kimia yang melekat pada terpal, kemudian jemur hingga kering (benih ikan masih sangat rawan terhadap bahan kimia). Setelah dipasang, isilah kolam tersebut dengan air bersih setinggi 20cm, biarkan selama seminggu untuk proses pertumbuhan lumut dan plankton. Ketika ikan sudah dewasa, level air harus dinaikkan hingga 80 cm.

Kualitas Air
Melindungi suhu supaya terus stabil merupakan salah satu bagian terpenting pada budidaya ikan mas, suhu yang tidak stabil akan mengakibatkan ikan mas menjadi stress dan mati. Sehingga harus tetap diperhatikan suhu air jangan terlalu panas dan jangan terlalu dingin. Mestinya air juga harsu tetap dalam keadaan bersih serta memiliki kandungan oksigen yang cukup, kondisi air yang kotor akan berakibat ikan menjadi stress dan mudah terkena serangan penyakit, sehingga diperlukan menjaga kebersihan air, agar kandungan oksigen sukup didalam air, dapat dilakukan dengan membuat aliran air masuk kedalam kolam dengan berbentuk pancuran, tetapi jangan sampai berlebihan.

Pemberian Pakan
Pakan adalah hal yang sangat berpengaruh pada perkembangan ikan mas, pemberian pakan yang teratur akan lebih menguntungkan dibanding memberinya secara kekurangan ataupun berlebih. Pemberian makanan pada ikan mas dapat dilakukan dengan memberikan pellet ditambah dengan berbagai makanan vitamin yang dibutuhkan ikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar