'>

Senin, 09 Mei 2016

Resep Kuliner Khas Batak Toba membuat Ikan/ Dekke Mas Naniura

Ikan/Dekke Mas NaNiura

Ikan/Dekke Naniura
Sob’s yang masih setia di blog saya, thankyou so much ya guys.!! Sob’s kalian setuju nggak kalau saya Indonesia ini kaya akan keragaman budaya dan kuliner dari berbagai daerah di penjuru nusantara, banyak jenis kuliner yang mungkin sob’s belum tahu persis apa nama dan proses pengolahannya, untuk melengkapi artikel tentang Pesona Danau Toba dan Pulau Samosir yang saya tulis sebelumnya, kali aja kalian penasaran gimana cara membuat kuliner yang saya sebut di artikel tersebut. Jujur nih ya, saya nggak pintar membuatnya, tapi saya sering lihat mama (bahasa batak : omak) saya membuatnya, saya sering bilang sushi Batak, meski berbeda dengan sushi Jepang tapi keduanya tidak membutuhkan api untuk mengolahnya. dan lebih kurang bahan-bahan dan prosesnya seperti dibawah ini:

Bahan Utama
2 Ekor Ikan Mas Segar berukuran sedang
4 Buah Asam/utte jungga

Bumbu Halus
10 Butir Kemiri dibelah dua (disangrai-dihaluskan)
5 sdm Kacang tanah (disangrai-dihaluskan)
1 sdm ketumbar (disangrai-dihaluskan)
5 Cm Jahe (dibakar-dihaluskan)
5 Cm Kunyit (dibakar-dihaluskan)
3 Cm Lengkuas (dihaluskan)
10 butir bawang merah (digiling halus)
1 siung bawang putih (digiling halus)
1 sdm andaliman segar (digiling halus)
10 buah cabe rawit (digiling halus)
1 batang kecombrang (rebus sebentar)
Garam secukupnya

Jeruk Jungga

Kecombrang

Andaliman












Cara pembuatan
  • Bersihkan ikan dengan membuang sisik, insang dan isi perut.
  • Belah ikan menjadi dua dari bagian punggung (gunakan pisau yang cukup tajam, agar ikan tidak hancur.
  • Peras asam jungga dan biarkan ikan terendam didalam perasan asam jungga selama ± 2 jam
  • Penarikan Duri Ikan
  • Setelah 2 jam, cabut duri ikan dari dalam tubuhnya (hal ini mudah dilakukan karena daging ikan sudah mulai lembut) bersihkan hingga tinggal daging dan kepala saja( jangan lupa kepala ikan juga harus terbelah)

ikan dilumuri bumbu
  • Letakkan ikan didalam wadah, lumuri ikan dengan bumbu halus sampai rata dan biarkan hingga 2 jam ( hingga anda merasa ikan sudah masak)
  • Ikan/Dekke Naniura siap di santap.
Kuliner khas batak toba ini biasanya dinikmati pada saat ada acara bersama. Rasa getir dilidah oleh andaliman membuat sensasi seperti digugah untuk menikmatinya, selain nikmat, tentunya zat gizi dari ikan tersebut tetap terjaga.


Selamat Mencoba Sob’s.. lain kali saya akan share resep lainnya ya.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar