'>

Jumat, 13 Mei 2016

Tips mengatasi rasa gugup/nervous didepan umum

ujian skripsi
Gugup atau nervous sebenarnya dimiliki oleh semua orang, termasuk orang yang sudah terbiasa dengan lingkungan ramai sekalipun. Rasa gugup adalah kodrat alami yang dimiliki oleh manusia meskipun dengan kadar yang bervariasi pada setiap orang. Sebenarnya rasa gugup hanya bisa diatasi oleh orang yang merasa gugup tersebut. Cara mengatasi nervous/gugup ketika anda berhadapan dengan umum seperti pidato, menyanyi atau berhadapan dengan sosok yang menentukan masa depan anda dalam satu bidang contohnya ujian skripsi, wawancara kerja atau presentase bisa dilakukan dengan beberapa tips di bawah ini:

Mulailah dengan keyakinan/Berdoa
Apapun yang kita harapkan tentunya mustahil terjadi tanpa adanya campur tangan dari Tuhan, meskipun terkadang kita tidak yakin dengan kemampuan atas apa yang kita lakukan, tetapi dengan bermodalkan keyakinan pada-Nya kita akan semakin kuat dengan menyerahkan segalanya pada Tuhan.

Tarik nafas
Umumnya ketika kita akan mulai tampil dihadapan publik secara otomatis detak jantung akan meningkat, maka berikanlah sedikit terapi jantung dengan menarik nafas sedalam mungkin dan kemudian mengeluarkannya secara perlahan. Bila tidak ada waktu melakukaknya di tempat tersembunyi, kita dapat melakukannya didepan public sebelum memulai kata pembuka dengan cara perlahan-lahan.
Buatlah Persiapan dan kuasai bahan.
Ketika kita akan menghadapi sebuah ujian atau presentasi tentunya kita sudah menghabiskan waktu yang lebih dari cukup untuk mempersiapkan apa yang harus diuji atau dipresentasekan, kita sudah harus mengingatkan pada diri kita sendiri bahwa  pasti ada pertanyaan dan kritik yang akan disampaikan kepada anda. Sehingga anda tidak merasa kaget ketika hal itu benar-benar terjadi. Dan tentunya kuasai materi yang berhubungan dengan apa yang sedang dibahas.

Tersenyum
Senyum adalah sebuah energi positif yang mampu mematikan lawan kita dalam hal ini gugup/nervous. karena tubuh akan melepaskan hormon endorphin yang mampu membuat kita lebih baik, lawan bicara juga akan merasakan energi positif yang keluarkan dari senyum, akan tetapi lihatlah moment yang tepat untuk senyum, karena jika kita salah menempatkan moment, bisa jadi anda akan mendapat energi negatif dari lawan bicara, meskipun kecil kemungkinannya terjadi. Perlu diingat bahwa hanya senyum bukan tertawa.

Tatap mata lawan bicara
Seperti halnya tersenyum, ketika kita tersenyum kepada audience/lawan bicara maka mereka akan membalas dengan senyum dan tentu kita akan merasa lebih percaya diri. Hindari menunduk atau menatap kearah benda-benda di bawah karena akan merusak percaya diri dengan cepat. Mata adalah organ tubuh dibagian kepala yang paling mampu membuat kita merasa dekat dengan lawan bicara. Kontak mata tersebut akan membantu kita untuk saling menyampaikan informasi sehingga menarik minat lawan bicara.

Jangan membandingkan
Kemampuan yang kita miliki sepatutnya dihargai, jangan pernah membandingkan performance orang lain dengan yang kita miliki, karena pada umumnya akan menimbulkan energi negatif bahwa menganggap kita sangat buruk dibanding orang lain. Hal seperti tentunya akan membuat kita tidak yakin dengan kemampuan yang sudah kita upayakan dan akan berujung dengan kehancuran dari segala persiapan yang sudah kita buat sebelumnya.

Jaga Penampilan
Pastikan bahwa apa yang kita gunakan sudah membuat kita nyaman. Untuk sejenak pergi ke kamar mandi dan yakinkan bahwa orang yang melihat akan merasa yakin. Sudah menjadi fakta bahwa dengan penampilan yang meyakinkan akan mampu membangun rasa percaya diri.

Berlatih
Kesulitan yang sering dihadapi ketika berbicara di publik adalah ketika kita tidak bisa memahami kondisi, mimik dan nada bicara kita. Alangkah baiknya jika kita sudah mengetahui hal tersebut sebelumnya dengan membiasakan diri berbicara di depan cermin dan menilai mimik yang harus kita tampilkan dan nada bicara yang kita keluarkan. Sehingga ketika kita terjun di depan umum, kita akan terbayang mimik yang confidence  seperti ketika kita berbicara di depan cermin.

Berpikir positif

Tidak selalu dapat dihindari hal-hal yang membuat kita terganggu dan merusakan rasa percaya diri ketika berbicara di depan umum.  Contohnya tanpa sengaja kita menjatuhkan gelas air minum di meja, atau ada seseorang yang tiba-tiba menyanggah apa yang kita sampaikan. Maka untuk menghindari hilangnya percaya diri kita adalah dengan berpikir positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar