'>

Rabu, 11 Mei 2016

Taman Nasional Bunaken adalah surga dunia bawah laut.

 Bunaken, Manado, Sulawesi Utara. 

Jembatan kota Manado
Peta Pulau Bunaken
Indonesia adalah sebuah Negara yang terdiri dari gugusan pulau-pulau besar dan kecil , sehingga tidak mengherankan kalau Indonesia kaya akan keindahan taman laut dan pulau serta pantai yang eksotis, selain Taman Laut Nasional Wakatobi, Sulawesi tenggara, pulau Sulawesi juga memiliki keindahan laut di Taman Nasional Bunaken di Sulawesi Utara. Keindahan surga dunia bahari ini pun sudah tercium hingga ke penjuru dunia dengan jumlah titik menyelam yang cukup banyak dan kedalaman yang bervariasi hingga 1.344 meter dpl. Taman laut ini menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang dan berbagai jenis ikan, reptil, moluska dan mamalia laut. Taman nasional ini didirikan pada tahun 1991 sebagai taman laut pertama di Indonesia dengan luas wilayah 890.65 km2 yang terdiri dari 97% habitat laut dan 3% darat. Pada tahun 2005 pemerintah Indonesia telah mendaftarkannya ke UNESCO sebagai salahsatu situs taman warisan dunia.
Terumbu karang di taman nasional Bunaken

Untuk mengunjungi pulau ini dapat ditempuh dengan speed boat atau kapal sewaan dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dari pelabuhan Manado, dan disekitar pulau inilah terdapat taman laut yang memiliki biodiversitas tertinggi di dunia. Di wilayah ini juga terdapat underwater great walls, yang disebut juga hanging walls atau dinding karang raksasa yang berdiri vertical dan melengkung ke atas.

Bagaimana mencapai lokasi Taman National Bunaken?
aktivitas snorkeling
Untuk mengunjungi taman laut Bunaken sebaiknya dilakukan pada bulan Mei – Agustus, karena dalam rentang bulan tersebut air laut jernih dan lebih hangat, sehingga memaksimalkan jarak pandang saat menyelam, maka tentunya para wisatawan akan ramai pada bulan tersebut sehingga saya sarankan agar membooking penginapan dan pemandu jauh-jauh hari untuk mendapat kenyamanan selama disana. Hindarilah kunjungan pada rentang antara bulan Desember – Januari, karena posisi laut sedang pasang dan kotor, karena sampah banyak yang terbawa hingga ke bibir pantai. Anda akan mendapat kepuasan lebih jika anda berkunjung pada bulan oktober, karena pemerintah biasanya menyelenggarakan Festival Bunaken yang tentunya lebih semarak dibanding bulan lainnya.
anak pulau di Sulawesi Utara
Untuk melakukan perjalanan wisata ke Bunaken sebaiknya sediakanlah uang tunai agar anda tidak mengalami kesulitan disana, karena penggunaan kartu kredit dan debit tidak aman dan beberapa jasa layanan tidak menerima pembayaran non kas.



Rute
Sam Ratulangi Airport
Manado memiliki Bandara Internasional Sam Ratulangi yang terletak di kecamatan Mapanget dengan jarak tempuh sekitar 30 menit dari kota Manado, selain terhubung dengan bandara di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Makassar, Denpasar dan Balik Papan, Bandara Sam Ratulangi juga melayani penerbangan langsung jarak jauh seperti Singapura, Manila, Kuala Lumpur, dan Davao, Filipina. Setelah tiba di Sam Ratulangi Airport anda bisa langsung menuju kota Manado dengan menggunakan taxi dengan tarif Rp.100.000,- dan untuk menuju Bunaken ada beberapa altenatif yakni melalui pelabuhan Manado, Marina Nusantara Diving Centre (NDC) dan Marina Blue Banter. Jika anda memilih jalur Pelabuhan Manado menuju lokasi Bunaken membutuhkan waktu 30 menit sedangkan jalur Marina Nusantara Diving Centre (NDC) hanya 20 menit dan dari Marina Blue Banter hanya 10-15 menit dengan menggunakan kapal pesiar. Tarif dari Pelabuhan Manado – Bunaken bisa mencapai Rp.300.000 – Rp.400.000,-  dan dari Marina – Bunaken Rp.600.000 – Rp.800.000,-. Tetapi jika anda ingin mendapat harga yang lebih murah bisa menggunakan kapal tradisional dengan tarif Rp.50.000,-/orang walaupun anda harus menunggu kapal penuh dulu baru berangkat.

Kota Manado dimalam hari
Tiket masuk ke lokasi taman laut nasional ini dapat dibeli di kota Manado dan di Taman Nasional Bunaken akan tetapi di desa-desa juga sudah ada yang menjual dengan harga bagi wisatawan mancanegara sebesar Rp.50.000,-/orang/hari atau Rp.150.000,-/tahun dan wisatawan lokal Rp.2.500,-/orang/hari.

Demikian cara mengunjungi Pulau Bunaken, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar