'>

Selasa, 10 Mei 2016

Dali ni Horbo/Susu Kerbau makanan bergizi khas Batak Toba

Kuliner unik khas Batak lainnya adalah dali/bagot ni horbo (susu kerbau), bahan makanan berprotein tinggi ini sudah ada sejak zaman nenek moyang orang batak. Selain rasanya yang gurih dan kandungan gizi yang tinggi, dali ni horbo ini juga sangat mudah dibuat, susu kerbau yang terbaik untuk di olah adalah susu dari induk kerbau yang memiliki anak berusia +1 bulan hingga -8 bulan, menurut warga disana dan mungkin juga ini pendapat dari pakar kesehatan, jika sudah lewat dari 8 bulan, maka susu yang dihasilkan oleh kerbau betina tersebut sudah tidak layak dikonsumsi oleh manusia, dan susu diperah pada saat pagi hari dan pastikan pada saat diperah, puting susu kerbau dibersihkan dengan air hangat untuk menjaga kebersihan dan membatu memperlancar proses pengeluaran susu. Dari 1 ekor kerbau betina hanya bisa menghasilkan susu sebanyak 3 liter meskipun dapat menghasilkan 4 liter tergantung kondisi induk kerbau, akan tetapi harus dipertimbangkan kebutuhan anak kerbau yang harus disusui induknya.

Dali/Susu setelah dikentalkan

Kandungan Gizi:
Bahan makanan =100gram
Energi  =160kkal
Protein = 6,3gram
Lemak = 12gram
Karbohidrat = 7,1gram
Calsium = 216mg
Fosfor = 101mg
Vitamin A= 80 IU
Vitamin B1 = 0.04mg
Vitamin C = 1mg
catt: setiap jenis susu kerbau berbeda kandungan gizi didalam susu.
  
Cara pengolahan:
Susu segar disaring dan direbus 15 menit untuk membunuh kuman-kuman/Proses sterilisasi, campurkan susu tersebut dengan air nenas untuk mempermudah pengentalan dan menghilangkan bau amis, serta air perasan daun papaya untuk memberikan sensasi rasa yang unik.
Setelah susu membeku akan menyerupai tahu. Susu/dali sudah siap diolah dengan bumbu sesuai selera. Sebaiknya hindari proses penggoreangan, umumnya warga batak memasak dengan air seperti memasak Ikan MasNaniarsik akan tetapi jangan terlalu lama dimasak untuk mengurangi kehilangan nutrisi pada susu.

Selamat mencoba ya.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar