'>

Kamis, 12 Mei 2016

Keindahan alam bawah laut Raja Ampat di Papua Barat "sorganya diving"

Surganya para penyelam!

Penginapan tampak dari jauh
Raja Ampat terdiri dari gugusan empat pulau yang terletak di bagian barat pulau Burung, Propinsi  Papua Barat. Sebuah lokasi wisata yang sudah dikenal dunia dengan keindahan ribuan jenis ikan serta flora dan fauna laut serta ribuan jenis karang sebagai habitatnya. Lokasi wisata ini dijuluki sebagai Amazon Lautan Dunia, karena letaknya tepat berada di segitiga karang dunia. Pulau ini merupakan salah satu lokasi diving dari sepuluh site terbaik di dunia dan bahkan di akui sebagai perairan terkaya nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air.
alam bawah laut Raja Ampat
Dr. John Veron seorang ahli karang berasal dari Australia mengungkapkan dalam situsnya bahwa kepulauan Raja Ampat yang terletak di ujung pulau papua sekitar 50 mil sebelah barat laut Sorong memiliki kawasan terbaik dengan 450 jenis karang yang telah diidentifikasi. Dan menurut tim ahli dari Concervation International, The Nature Concevancy, Lembaga Oceanografi Nasional (LON) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah melakukan penilaian pada tahun 2001 – 2002 dan hasilnya membuktikan bahwa 540 jenis karang keras (75% dari jenis karang di dunia), lebih dari 1.000 jenis ikan karang, 700 jenis moluska. Sehingga disimpulkan bahwa 75% jenis karang di dunia berada di Kepulauan Raja Ampat. Struktur pulau dan selat yang sempit membuat sebagian besar tempat menyelam memiliki arus yang kencang, sehingga memungkinkan untuk melakukan penyelaman mengikuti arus yang kencang dengan air yang jernih.

Baca disini : Pesona alam Danau Toba dan Pulau Samosir di Sumatera Utara

Perjalanan
Rote pernerbangan ke Sorong
Untuk mencapai kepulauan Raja Ampat tidak tergolong sulit bila dibandingkan dengan kepuasan yang didapat ketika berkunjung ke pulau cendrawasih ini. Jika anda akan memulai perjalanan dari Jakarta, anda dapat menggunakan maskapai penerbangan Express Air, Batavia Air, Lion Air dan lain-lain, pesawat akan transit di Sultan Hasanuddin Airport di Makassar lalu kemudian ke Bandara Domine Edward Osok di Sorong. untuk penerbangan internasional hingga pada saat ini belum ada langsung ke Sorong, akan tetapi bila ada turis luar negeri harus transit melalui Sultan hasauddin Airport di Makassar atau Sam Ratulangi airport di Manado. Setelah tiba di Bandara Domine Edward Oso, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan taxi menuju pelabuhan rakyat untuk dibawa menuju Kota Waisai Ibukota Raja Ampat dengan menggunakan kapal ferry atau speed boat, Di pelabuhan ini ada dua kapal ferry yang melayani jalur perjalanan dari Sorong ke Waisai, dan biasanya berangkat tiap pukul 14.00 WIT, kemudian kapal yang satunya akan berangkat sekitar 1 - 2 jam kemudian. Perjalanan akan menghabiskan waktu 4 - 5 jam untuk sampai di pelabuhan Waisai, sedangkan kalau speed boat biasanya harga yang ditawarkan oleh pemilik speed boat memang relative mahal dengan kisaran harga Rp.2 juta – Rp. 5 juta, tergantung kapasitas boat dan tergantung lamanya penyewaan. Hal ini mungkin masuk diakal mengingat harga bahan bakar kapal yang mahal. Akan tetapi untuk mengurangi tanggungan beban pengangkutan boat, anda bisa membawa rombongan atau bergabung dengan pengunjung lainnya sehingga harga tersebut bisa terasa ringan, dan perlu diperhatikan bahwa penggunaan speed boat harus menunggu kondisi laut yang bersahabat, karena ombak yang terlalu besar tidak disarankan menggunakan speed boat karena berbahaya dan jangan pernah mengabaikan saran dari nakhoda kapal jika mengatakan cuaca yang tidak mendukung. Satu hal yang perlu diperhatikan juga adalah sebelum kapal berangkat dari pelabuhan rakyat, sebaiknya persiapkan perbekalan selama anda berada disana, karena jika anda membelinya di kota Waisai maka anda akan sedikit tercengang dengan harga barang-barang yang lebih mahal.
suasana penginapan sore hari
Setelah tiba di pelabuhan Waisai, perjalanan dilanjutkan untuk ke kota dimana Anda dapat dengan mudah mencari penginapan disana. Akan tetapi sebelumnya harus mendatangi kantor Depbudpar setempat, untuk membayar biaya konservasi yang wajib dikenakan bagi setiap wisatawan yang berkungjung ke wilayah Raja Ampat. Setelah itu baru Anda dapat mencari tempat penginapan

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan dan Tempat Wisata Menarik di Raja Ampat

penginapan di lokasi diving

Pesona pemandangan laut yang elok, yang bisa di lihat baik itu dari dasar atau permukaan laut akan menghipnotis Anda. Untuk itu sebaiknya Anda tidak melewatkan moment berharga pada waktu berkunjung kesana. Kondisi ini ini didukung oleh struktur tanah yang endemik, kekayaan biota laut serta kebudayaan dan kearifan penduduk lokalnya. adapun kegiatan yang bisa anda lakukan di sini adalah sebagai berikut :
  • Menjelajahi pulau Raja Ampat dengan menggunakan perahu
  • Melakukan permainan kayak.
  • Menyelam untuk menyaksikan sisa-sisa reruntuhan kapal di bawah laut.
  • Menikmati indahnya pulau-pulau karang (karst) di sekitar Pulau Wayag.
  • Mengunjungi burung cenderawasih merah khas Papua Barat.
  • Menjelajahi gua kelelawar (bukan kelelawar varietas Dark Knight).
  • Membuat patung kayu sendiri yang dipandu oleh pengrajin Asmat.
  • Snorkeling.
  • Trekking untuk menemukan air terjun.

batu besar di pantai
Selain itu Anda juga bisa menyaksikan "Hantu Laut", yang merupakan fenomena alam yang unik serta menarik, yang letaknya berada di bagian Timur Waigeo, Fenomena ini terbentuk oleh sebuah sinar yang berasal dari air laut atau fenomena pemandangan sunset, yang bisa disaksikan diatas perahu dan mengitari permukaannya dengan kurun waktu 10 -18 menit. fenomena ini hanya bisa dilihat setiap akhir tahun saja.
Tidak hanya itu dibagian barat dan utara kawasan Waigeo, ada sebuah pertunjukan permainan suling bambu tradisional yang oleh masyarakat sekitar yang disebut dengan suling tambur. Biasanya pertunjukan tradisional ini diadakan apabila ada sebuah festifal keagamaan atau pada saat peringatan HUT-RI ( 17 Agustus ) serta dalam upacara penyambutan kunjungan pejabat ( pemimpin ) penting.

Pesona Gua Tomolol. 
Goa Tomolol
Dikawasan ini anda akan merasa kagum dengan pemandangan di Gua Tomolo, lukisan telapak tangan manusia serta hewan - hewan yang mempunyai ukuran sangat besar tergambar di dinding goa. Konon lukisan ini di buat pada masa zaman prasejarah.
Tidak hanya itu di sebelah utara Waigeo, Anda juga dapat menikmati wisata sejarah yang juga berbentuk gua yang merupakan peninggalan perang Dunia ke II. Goa ini konon merupakan tempat pasukan Belanda dan Jepang membangun bungker. Selain itu anda juga bisa menikmati keunikan kebudayaan masyarakat setempat yang disajikan dalam sebuah tarian perang. Disini juga ada destinasi wisata air terjun, dan pastinya apabila Anda kesana tidak boleh di lewatkan.
Pulau Ayau
Pulau Ayau merupakan kumpulan pulau - pulau kecil yang terletak di Kepulauan Karang, dengan ukuran yang sangat besar dan dasar lautnya berpasir putih, Pulau Ayau bisa menghubungkan satu pulau dengan pulau yang lainya. Tidak hanya itu, tidak jauh dari tempat ini Anda juga bisa menikmati pulau - pulau dengan pasir yang unik yang disebut "Zandplaat". Tempat ini merupakan habitat unik dari vegetasi lokal yang ada di Raja Ampat. Anda juga bisa menyaksikan masyarakat setempat kususnya ibu - ibu dan anak - anak menangkap cacing laut atau insonem.

Waigeo Selatan
Merupakan sebuah destinasi favorit penggemar diving. Tidak jauh dari Waigo Selatan Anda juga bisa menemukan destinasi wisata pulau karang Kabui Bay, Gua tengkorak dan juga destinasi wisata bersejarah Raja Ampat di Kali Raja. Anda juga bisa menyaksikan tari Salay di Saonek, berbagai jenis satwa burung di Desa Sawinggrai dan Yenwaupnor, serta wisata kerajinan anyaman di Arborek. Disini Anda juga bisa melakukan kegiatan snorkeling untuk menyaksikan sekelompok ikan pari berenang. Kemudian apabila Anda melanjutkan kekawasan Sawandarek, Anda dapat menyaksikan pantai pasir putih dengan karang yang indah dan banyak juga ditemukan banyak satwa bebek laut. Anda juga bisa berjalan - jalan dan menikmati sebuah desa tradisional yang memiliki suasana Unik.
Di Sebelah Barat Waigeo, Konfiau dan Batanta Anda dapat menikmati kegiatan menyelam, selain destinasi wisata diatas tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi lainya adalah rumah kapal houseboats dan pulau karang di kepulauan Wayag.

Gugusan pulau 
Kuliner dan Oleh - Oleh ( Souvenir ) Khas Raja Ampat
Kuliner yang bisa Anda nikmati di Raja Ampat adalah seafood atau hidangan laut. Biasanya pihak penyelenggara diving telah menyediakannya. Menu masakannya pun juga bermacam - macam, mulai dari menu tradisional sampai internasional, yang tentunya dibuat langsung oleh masyarakat setempat. Salah satu contoh dari makanan khas dari Raja Ampat adalah  sub ikan kuning. Biasanya makanan khas Raja Ampat banyak disediakan di banyak rumah makan Indonesia yang berada di Kota Waisai.
Oleh - oleh terbaik dari Raja Ampat yang banyak dikemukakan banyak wisatawan yang berkunjung kesini adalah, sebuah pengalaman saat mengunjungi Raja Ampat. Tentunya dengan mendokumentasikanya lewat tangkapan foto dan video yang bagus. Akan tetapi apabila Anda ingin memberikan oleh - oleh untuk keluarga di rumah berupa benda. Anda dapat membeli oleh - oleh khas Raja Ampat antara lain :
  •  Kain tradisional
  • Kerajinan Anyaman
  • Patung suku Asmat 
  • Alat musik tradisional
  • Tambur (drum tradisional)
  • Suling

Souvenir tadi bisa Anda dapatkan di toko - toko souvenir yang banyak terdapat di Kota Waisai dan juga kota - kota di Papua lainya. apabila Anda membeli souvenir di kota Papua, maka akan meringankan beban Anda untuk membawa barang bawaan Anda dari Raja Ampat.

Baca disini : Taman Nasional Bunaken surganya dunia bawah laut

Selamat berlibur.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar